Sabtu, 27 Agustus 2016

Tradisi Upa-upa dalam Adat Batak


Masih dalam rangka euphoria welcoming All New Sienta, jadi di AgungTOYOTA itu kita ada project WOW DEC Sienta. Dasarnya yah menciptakan customer delight saat serah terima kendaraan. Proses serah terima juga didampingi oleh manajemen cabang.

Nah, jadi di hari Kamis (25/08/16) kami udah ke rumahnya customer, tapi pas nyampe di rumah customernya..... eng ing eeeeng..... ada drama dulu karna customer ga bisa terima mobilnya karena belum di 'upa-upa'-in. Lah kami yang bukan orang Batak jadi bingung, tapi untungnya ada Pak Nixxon dan Pak Manurung yang orang Batak juga dan ngerti sama kondisi si customernya. Alhasil mobil Sienta-nya kami bawa pulang lagi karna yaaaaaaaa gitu, pelanggan adalah raja, wkwkwkwkw.

Kiri ke kanan: Pak Nandar, Pak Nixxon, Pak Made, Bu Lediana, Bu Ariva, Bu Fira Cantik, Bang Wono, Pak Manurung
Jadi yaa walaupun mobilnya belum bisa diterima customer, kita tetap poto-poto aja, dan untungnya itu hadiah mesin cuci sm payung dan bantal ga di upa-upain dulu, ehehehehe.


Kita masuk ke hari ke dua ya gaes...



video
Perjalanan ke Rumah Customer bersama Babeh Made ^^

Nah, setelah kita sampai di rumah customer, prosesi upa-upa langsung dilakukan. Video lengkapnya ada di link bawah ini:


Jadi memang, upa-upa itu dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur dan doa agar barang yang kita miliki bisa membawa berkah dan kebaikan. 

Penjelasan Dokumen Serah Terima

Eh ada spiderman, wkwk



Bersyukur banget bisa ngelihat langsung upacara adat budaya lain, apapun yang mereka lakukan, intinya itu adalah keperayaan mereka. Tugas kita yang 'berbeda' keyakinannya dengan mereka adalah menghargai dan memahami makna mereka melakukan kegiatan adatnya. 
#Nojudges
#Noracism
#indonesiaSATU