Minggu, 20 Februari 2011

Kenapa Saya Kurus..??


Dari perut turun ke kaki, dari perut naik ke tangan, dari perut ke kepala, dari perut ke semuanya, lalalala, lalalala. Itu adalah jingle iklan Dancow, maaf sebut merek. Penyanyi di jingle itu adalah balita, yang pasti usianya dibawah 5 tahun. Adek balita itu benar, dari perut ke semuanya. Semua makanan yang masuk ke perut, zat gizi, vitamin, mineral, dan saudara2nya akan diolah untuk keperluan tubuh kita sehingga kita tetap mampu melakukan aktivitas secara sadar maupun tidak sadar, seperti bernafas, dan ngiler (yaiyalah, kan ngiler ga pake sadar). Perut, menyimpan balon ajaib bernama lambung yang bertetangga dengan usus-usus, ada usus halus dan usus besar. Didalam usus halus terdapat usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum) dan usus penyerapan (ileum). Sedangkan usus besar (kolon) terbagi menjadi usus buntu (cecum)dan rektum yang berakhir di an*s. Usus-usus itu memiliki tugas dan fungsi masing-masing sebagai berikut:
1. Usus Dua belas jari; Bagian terpendek dari usus halus, bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus.
2. Usus kosong; Secara histologis dapat dibedakan dengan usus dua belas jari, yakni berkurangnya kelenjar Brunner. Secara hitologis pula dapat dibedakan dengan usus penyerapan, yakni sedikitnya sel goblet dan plak Peyeri. Sedikit sulit untuk membedakan usus kosong dan usus penyerapan secara makroskopis.
3. Usus Penyerapan; Bagian terakhir dari usus halus. Pada sistem pencernaan manusia, ini memiliki panjang sekitar 2-4 m dan terletak setelah duodenum dan jejunum, dan dilanjutkan oleh usus buntu. Ileum memiliki pH antara 7 dan 8 (netral atau sedikit basa) dan berfungsi menyerap vitamin B12 dan garam-garam empedu.
4. Usus Besar; berfungsi menyimpan dan eliminasi sisa makanan,
menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara menyerap air mendegradasi bakteri
5. Usus Buntu; Pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) di mana memiliki/berisi kelenjar limfoid.
6. Rektum; organ terakhir dari usus besar pada beberapa jenis mamalia yang berakhir di anus. Organ ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses.

Pertanyaan kenapa Nanda kurus pernah dijawab oleh dokter Nanda waktu kecil dulu, kata beliau, Nanda itu punya masalah di usus dua belas jari, makanan yang masuk tidak tersalurkan dengan baik ke usus halus. Banyak dari makanan yang Nanda makan itu tidak terolah, dan dengan kata lain dapat dikatakan sia-sia. Ya, seberapa banyak pun Nanda makan, itu hanya akan membuat Nanda tetap kurus, makanan selezat, sehalal dan sebergizi bagaimana pun tetap saja tidak terolah dengan baik. Solusinya adalah, mengonsumsi asupan makanan yang dapat membantu penyerapan. Tapi, masalahnya lagi, semua suplemen yang sudah Nanda coba, impor, ekspor, tradisional, modern, semuanya tidak berfungsi. Mulai dari susu, sirup, jamu-jamuan, vitamin, tablet, semuanya tidak memberi efek yang memuaskan. Jadi, pertanyaan kenapa Nanda kurus, Nanda rasa hanya bisa di jawab Allah SWT. Mungkin ini takdir, karunia, atau cobaan, apapun itu, seharusnya Nanda bersyukur karena masih punya badan dengan organ dan syaraf-syaraf yang lengkap.

5 komentar:

  1. http://sandyprayoga.com/kesehatan-cara-menggemukan-badan-dan-meningkatkan-berat-badan-secara-alami/

    BalasHapus
  2. aku paling suka liat iklan itu... heheu...

    BalasHapus
  3. sandi: tengkyu.., nais inpoh gan ^^

    ka rave: iyaaa, adeknya lucuuuu :D

    BalasHapus
  4. ntar nanda kalo lo udah nikah pasti gemuk..
    hamil ntar pasti perutnya buncit kaaaaaaaaaan?hehe :)

    BalasHapus
  5. huaaa, gendutnya ga rata dongs onniiiii, haha
    *gw udah follow blog lu ni, folbak atuh :D

    BalasHapus