Jumat, 08 Juli 2011

Awas, ntar kelilipan

'jan mamandang towi ka ate, beko semponan mato awak e'

Kira-kira artinya begini, 'jangan terus2an ngeliat ke atas, ntar matanya kelilipan'
Itu petuah uwo (nenek) beberapa tahun yang lalu. Maksud nenek ngomong gtu adalah mengajarkan nanda untuk tidak memandang orang yang posisi dan stratanya diatas kita. Karena, ntar kita mupeng dan trus ngerasa kalo diri kita ini kecil banget, rendah, ga bisa apa-apa, dan ga bisa dapetin apa, mungkin ini yang dimaksud uwo dgn kelilipan.
Masih seger di ingatan nanda, waktu itu mama nanda lagi pergi kemanaaa gtu -biasalah, kan emak nanda emak gaul ^^- nanda dirumah ama uwo, emang seringnya gtu, lagi-lagi pas bang romi udah masuk pesantren, nanda sering ditinggal ke pekanbaru, ya karna ke pekanbarunya siang, dan nanda masih sekolah siang waktu itu. Tapi nanda lupa, uwo ngomong gtu siang ato sore ato pagi, yang jelas maksudnya gtu. Uwo tau kalo nanda adalah orang yang ambisius dan ga rela kalo ada yang ngelebihin nanda, dalam hal apapun -kecuali berat badan, karna nanda senang menjadi kurus dan langsing, haha-. Nanda selalu berpatokan dengan orang-orang yang berada 'diatas' dan berusaha buat jadi kayak mereka juga, walau sebenarnya nanda ga mampu. Makanya nenek bilang gtu, pada suatu hari di ruang TV, beberapa waktu lalu, kalo ga salah sih waktu itu rumah nanda masih yang lama, kalo ga salah ni yaaa.
Pas abis ngedengerin uwo ngomong gtu, nanda biasa aja, cuek aja, anggap aja itu nasehat nenek-nenek yang besar pada zaman penjajahan, mau apa segala susah, beda ama jaman sekarang. Petuah uwo seakan ga berguna karna nanda selalu ngeliat orang-orang yang berada diatas nanda, emang bikin kelilipan sih, tapi ternyata secara ga langsung orang-orang itu bisa memotivasi nanda untuk melebihi mereka, dan alhamdulillah nanda berhasil menyaingi mereka. Contohnya aja pas sekolah, nanda selalu mendaftar siapa aja yang menduduki peringkat terbaik dikelasnya, walaupun orang-orang itu ga sekelas ama nanda, nanda selalu perhatiin kegiatan mereka, mulai dari bangun tidurnya jam berapa, makanannya apa, gimana keadaan keluarganya, berapa jam sehari dia belajar, apa aja kegiatannya ekstrakurikulernya, dia ga suka pelajaran apa, dia suka pelajaran apa, dia malem2 tahajud apa ga, pas jam istirahat solat dhuha apa ga, semuanya nanda perhatiin, dalam rangka bersaing, siapa tau dengan jam belajar yang lebih dari dia nanda bisa ngelebihin dia, dengan ibadah yang lebih getol dari dia nanda bisa lebih berprestasi dari dia. Uwo emang bener, nanda kelilipan, tapi nanda coba pake 'kacamata' biar ga kelilipan. Walaupun emang mereka motivasiin nanda secara ga langsung, sebenarnya ada lagi yang motivasiin nanda, Ayah nanda yang batuk-batukkan karna setiap hari kena AC, mama nanda yang sering sakit semenjak abis operasi, abang nanda yang dari kecil seolah jadi tulang punggung nanda dan pastinya selalu ngorbanin kepentingannya buat kepentingan nanda, temen-temen kecil nanda yang sekarang udah pada gendong anak, dan mereka sering bikin nanda ngerasa malu sendiri ketika nanda terlalu berambisi dan memandang keatasa, nanda malu karna terlalu egois, tapi ternyata mereka, untuk hidup aja susah, apalagi mengejar ini dan itu.
Ternyata uwo benar, ngeliat keatas bikin kelilipan, dan nanda sekarang baru tau juga, selain bikin kelilipan, ngeliat keatas juga bikin kesandung dan nanda sering kesandung gara-gara itu.
Sekarang uwo udah ga ada, uwo meninggal waktu bulan oktober 2005,waktu nanda kelas tiga di pesantren, pas banget hari itu nanda mau liburan lebaran, uwo meninggal bulan puasa, pas 17 ramadhan, mulia banget. Semoga uwo bisa diterima di sisi-Nya. Nanda juga inget waktu itu uwo pernah bilang kalo nanda harus rajin baca dan belajar quran selagi masih muda, karna uwo nyesel..waktu muda ga punya kesempatan buat belajar quran dan akhirnya sampai akhir hayatnya juga uwo ga bisa baca quran, dan kata uwo 'ndak obe ndek uwo bacaan di quran tu di di, selain hurup alif ciek nye, selain tu ndak obe ndek uwo le'
artinya..'uwo ga tau bacaan di quran tu, selain hurup alif aja, selain itu uwo ga tau lagi'. Tapi hebatnya, hapalan uwo masih kuat, uwo tetep rajin solat, akrna uwo masih bisa ngapalin ayat2 quran walaupun ga bisa baca quran.
Petuah orang tua emang bener-bener ga bisa dibantah, seandainya uwo bisa bahasa inggris, mungkin uwo bilang 'just keep looking forward, girl'
Sayang uwo ga narsis kayak nanda, dirumah foto uwo dikit banget, itu juga foto pas nikahan anak-anaknya, miss u uwoooo, uwo yang cantik walaupun udah keriput =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar