Senin, 02 Juli 2012

Kue Ali dan Paniaram

Kue ali dan paniaram dua-duanya adalah jenis kue pasar ala kampung yang alhamdulillah syudah pernah nanda makan. Tepatnya baru nanda makan beberapa jam yang lalu. Hari keenam di garut baru berasa agak gabutnya. Setelah dua hari yang lalu nanda ngedatengin rumah adek-adek yang kena gizi buruk :'(. Trus hari ini dilanjut dgn bikin PPT buat likakarya di kecamatan bayongbong besok, hehe.
Seperti biasa, nanda selalu bersyukur atas kemakmuran yang nanda dapet pas KKP di Banjarsari ini. Homestay yang nyaman, teman-teman yang sekarang sudah bikin feel good, dan masakan bu lurah yang beda sama masakan emak tp tetap kerasa nikmat karna dimasak pake cinta juga :D.
Pas beres makan, kita biasanya langsung mabur ke rumah kayak orang abis makan di restoran. kebetulan rumah kita sama bu lurah deketan, pantat ketemu muka *plak. Jadinya kita kalau mau makan tinggal salto ke rumah ibu. Tapi, berhubung besok kita mau lokakarya, jadi sedikit ngobrol2 dulu sama pak lurah terkait apa yang mau kita sampein besok. tepatnya sih si heru yang banyak ngomong sama bapak. Nanda cerita sama bu lurah, mungkin karna mengingat nanda adalah satu-satunya anak sumatera dalam kelompok nanda, ibu jadi nanyain kenapa nanda bisa kuliah di IPB. Jadilah nanda cerita satu nikmat tuhan yang paling sempurna buat seorang anak kampung dari nanda, yaitu beasiswa full + uang saku selama 4 tahun masa studi dari departemen agama. Beasiswa untuk belajar di Universitas luar sumatera, yang bagi sebagian orang di tempat nanda untuk memimpikannya saja malu dan bagi nanda, kuliah di pulau jawa di salah satu universitas besar yang dikenal baik di dunia internasional itu adalah salah satu untuk melepaskan keluarga nanda dari stereotipe orang kampung kamseupay yang bodoh. Dengan beasiswa ini, banyak banget yang berubah dari kehidupan dari nanda. Cerita bersama bu lurah, membuat nanda kangen euforia bahagia 3 tahun yang lalu. Kangen masa perjuangan mengejar IPB, dan kangen bekal kue paniaram yang dibeli emak di pasar buat cemilan nanda di pesantren dulu.
Paniaram itu semacam kue dari santan dan gula yang digoreng sampai warnanya karamel. Nanti jadi mirip2 sama kue karamel gitu, ada rongganya dan pinggiran kuenya itu garing, enak. Secara orang ocu (salah satu stereotype di kabupaten kampar) sering menyamrkan huruf R dalam bahasa sehari-hari. Jadi kue ini dibaca paniagham. Huruf R diganti huruf Gha dalam hijaiyah.
Malam ini, pas abis dari pak lurah nanda diajak mampir ke rumah kang dera yang tepat disamping rumah bu lurah, tapi kita baru mampir sekali ini, hehe. Rumahnya kang dera itu ada usaha makloon penjahitan tas Alto. Waw juga sih nanda sama banjarsari. Seperti biasa, setiap bertamu kita hampir selalu disuguhin teh tawar anget atau air anget, dan kali ini kita disuguhin air putih anget. Beberapa menit kemudian, muncul sepiring kue kayak donat bantet tanpa meses dan krim berminyak dan warna coklat. Teman nanda yang orang sunda langsung tau kalau itu kue ali. Nanda penasaran karna temen nanda juga pernah cerita tentang kue ali yang ada di sunda. Pas dicoba, rasanya mirip banget sama paniaram tadi, banget mirip banget. Nanda agak waw karna nanda nemuin dua kue dengan formulasi sama ditempat yang berbeda. Ga tau kenapa, cuma nanda takjub aja bisa makan kue ali dan paniaram, kue adat dua kultur berbeda pulau, yang mungkin mengingatkan nanda sejauh manapun nanda merantau, nanda harus selalu inget ama kampung yang udah membesarkan nanda.

3 komentar:

  1. kue ali/cincin (dlm b.jawa)
    ali-ali itu cincin,,,kuenya kayak cincin makanya dnamain gtu,,hehe
    itu jga bnyak kok d pasar rumah mas,,hehe

    BalasHapus
  2. Ketemu ama gw ga disebut nikmat ye? Oke.

    *lanjutin makan mie*

    BalasHapus
  3. Ayang: haha iya yah kalo di aku ga dibikn cincin tp dibikin kayak dorayaki :)

    Bang miftah: makan mie semut :p

    BalasHapus