Kamis, 17 Januari 2013

Perjoeangan Heroik

Beberapa waktu terakhir ini nanda dapat banyak pelajaran dari kisah-kisah mengejutkan tentang teman-teman nanda di CSS MoRA IPB. Yah..teman-teman yang memang ga punya relasi terlalu dekat, tapi hangat. Ceritanya tentang dua orang teman laki-laki hebat, yang mungkin selama ini menurut sebagian orang mereka biasa aja, bahkan gagal menjalani hidupnya sebagai anak muda.
Lelaki pertama, nanda sengaja ga mau nyebut namanya. Dari awal masuk departemen, nanda tau IPnya udah kecil, apalagi gara-gara nilai kalkulus sm PM pas TPB. Katanya dia udah ngulang sampe berapa kali tapi masih tetap kecil, dalam status mahasiswanya yang semakin diujung tanduk, doi masih bisa kelihatan happy. Mungkin orang-orang bakal mikir kalau dia ga tau diri banget karna masih bisa seneng-seneng dikala dia harusnya berjuang mati-matian. Tapi itulah yang namanya potensi, IPB terkadang emang terkesan hebat dengan program TPBnya, tapi terkesan sangat picik karna di TPB-lah ga cuma satu dua mahasiswa yang harus DO karna beberapa nilai di matkul TPBnya dapat E, dan sampai dua kali ngulang masih E, akhirnya di harus DO. Padahal nilai-nilai matkul yang lain ga terlalu jelek.
Temen nanda yang ini akhirnya ngundurin diri dari IPB, yah..bedanya tipis, seenggaknya dengan ngundurin diri suatu saat doi bisa nyambung kuliah ke tempat lain dengan cara lebih terhormat, tapi kalau DO kan kesannya kita dicampakkan oleh IPB. Lalu, apa perjuangna heroiknya?. Sebagian besar mahasiswa IPB yang DO biasanya bakal kuliah lagi di tempat lain yang ga ada TPBnya, tapi doi enggak. Dia tetep di dramaga, tetep gaul ama kita-kita seolah-oleh dia masih mahasiswa sini. Trus dia ngapain?, itu jg yang nanda pikirin pas masih ngeliat dia main-main disini. Ternyata dia kerja di salah satu angkringan yang buka tiap malem di daerah kampus, dia kerja meeen. Dia ga pulang dan milih buat kuliah lagi, tapi dengan segena kerendahan hatinya, dia mau kerja jadi pelayan, ngelayanin mahasiswa-mahasiswa yang dulu itu temen2nya. Kalau dicari, kayaknya jarang banget ada orang yang hatinya setulus itu.
Temen nanda yang kedua, sekilas dia terkesan hebat. Tampan, pinter, cerdas, jago main gitar dan punya suara yang kece, almost perfect sepertinya. Beberapa hari lalu nanda ketemu ama dia di ATM center, kita sempet ngobrol bentar dia nanyain nanda masih ujian apa engga, dan nanda bilang kalo nanda masih ada ujian smpe sabtu ini. Trus dia bilang "Tapi kamu kn enak nanti ga ada kuliah lagi semester 9". Nanda jawab "iya sih, lah emangnya kamu masih kuliah?" Sambil jalan doi ngangguk, nanda ga mikir macem2, nanda percaya aja karna emang fakultas dia terkenal mahasiswanya lama lulus, jadi nanda biasa aja. Daaan, yang bikin kaget adalah, semalem nanda tau kalau pas semester 5 kemaren dia ga kuliah. Dia sengaja cuti karna pas itu kedua orang tuanya lagi sakit, dan dia rela ninggalin kuliahnya demi bisa cari uang buat bantu biaya berobat orangtuanya. Amazing!!!, nanda salut banget, dengan keadaan dia yang tergolong cerdas, pinter sosialisasi, dia rela ngorbanin enam bulan masa studinya buat kerja, kerja loh...
Nanda jadi semakin malu karna selama ini kurang bersyukur, nanda selalu ngeliat ke atas dan menyesali apa yang selama ini nada lakuin di IPB kayaknya ga produktif, dengan IPK 3, nanda masih berani untuk ga bersyukur, cuma karna hampir ga dapet SC buat menuhin SKS di semester 7 ini aja nanda ampe ngerasa malu, malu karna semester 8 masih kuliah. Nanda terlalu gengsi, sampe2 nanda ga ngeliat orang-orang disekitar nanda yang mungkin kehidupannya jauh lebih sulit
Astaghfirullah, semoga dengan kisah ini kita bisa menjadi lebih bersyukur ya teman-teman :)

1 komentar:

  1. nice :)
    merekalah temen-temen pertama kita di bogor, yg saling mengajarkan kebersamaan, kesederhaan, dan bagaimana cara bersyukur..
    merekalah temen-temen pertama kita di bogor, saat kita harus jauh dari kampung halaman, belum mengenal banyak teman, saat itu kita saling mengandalkan satu sama lain..
    meski sekarang kadang kita lupa karena sudah punya dunia sendiri-sendiri, tapi mereka tetap teman kita yg tetap menyapa hangat saat bertemu :)

    BalasHapus