Minggu, 10 November 2013

Lingkaran setan pola pengasuhan, yeah i see it directly!!

Ada keluarga kecil di depan rumah nanda. Keluarga itu keliatan sempurna banget, ada satu anak perempuan dan satu anak laki-laki. Ayahnya anak-anak itu rajin bantu ibunya beberes rumah, karena beberapa kali nanda liat si Ayah nyapu rumah, trus jemur kain juga pernah. Bahkan pas si Ibu lagi sakit, Ayah rela ga masuk kerja biar bisa ngurus rumah sama anak trus mantau perkembangan kesehatan istrinya, uuuhh so sweetttt :)
Tapi, ada yang kurang mantep dari keluarga ini, yaitu perkembangan emosi si Kakak. Umur kakak sekitar 3 tahunan, adiknya setahunan. Kebiasaan buruk dari si Kakak adalah dia ga bisa dilarang kalau lagi ngerjain sesuatu yang kurang pas menurut kita, contohnya nyoret-nyoret kertas yang isinya kerjaan kantor. Kalau dilarang, dia bakal langsung narik-narik rambutnya sampai rontok trus rambutnya ntar dimakan, oh God!.
Ga cuma kalo dilarang, kalo dia minta sesuatu trus ga dikasih juga gitu, narik-narik rambut, bahkan kadang mukulin kita, ga sakit sih... cuma betenya itu loh.
Ada yang lebih parah lagi, dia suka mukulin adeknya, padahal adeknya ga salah apa-apa.

Hmm...usut punya usut, ternyata orangtua dari anak ini dulunya -pas masih jadi anak- nerima pengasuhan yang ga baik. Ayahnya sering dipukulin waktu kecil sampai akhirnya ayahnya kabur dari rumah dan merantau kesana kemari ngidupin dirinya sendiri. Ibunya juga, orangtua si Ibu cerai, dan masing-masing dari orangtua itu nikah lagi. Si Ibu pun tinggal sm uwaknya, sedangkan ibu kandungnya, lebih care sm anak tirinya dibanding dia, bisa dibilang si Ibu dapat rejection  pas kecil. Saking sedihnya, si Ibu terpaksa kerja kasar jadi kuli di kebun sawit padahal waktu itu dia baru seumuran kelas 6 SD.
Naahh....menurut nanda ini dia penyebabnya kenapa si Anak ga bisa mengomunikasikan emosinya dengan baik, karena si Anak ga tau apa yang harus dilakuin, dan itu karena orang tua juga ga pernah ngajarin anak buat speak up tentang apa yang dia rasain. Karena yang dulunya diterima oleh orangtuanya adalah kekasaran, makanya yang orangtuanya tau ya mendidik anak itu harus kasar.
Nanda emang belum pernah punya anak, tapi yang nanda tau, siklus pola pengasuhan itu pasti ada dan berulang di tiap generasi. Naaahh makanya, buat kita yang udah tau, yuukk kita putus mata rantai pengasuhan yang ga baik, cukup kita aja yang menderita, jangan sampai anak, cucu, dan cicit kita nanti ngerasain hal yang sama juga. Ajarkan anak kita untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan, dan latih diri kita untuk memberi penjelasan dulu tentang apa yang boleh dan yang tidak sebelum pukul sana pukul sini bentak gini bentak gitu.
Semoga anak-anak kita nanti jadi anak yang cerdas secara emosi, dan insyaAllah bisa punya kecerdasan majemuk :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar