Minggu, 30 April 2017

[Why] Vlog di Youtube tidak bisa ditonton via mobile device

Haaahhh, sebenernya aku juga kangen nulis di blog daripada vlog. Kalau dari sisi kemudahan, aku lebih gampang untuk ngisi blog karena tinggal tulis dan masukin beberapa foto aja, ngerjainnya juga bisa mobile. Kalo vlog akunya harus ngeluangin waktu buat ngedit video, milih musik, dan upload ke Youtube harus nunggu kantor sepi, soalnya numpang wi-fi kantor, hihihi.

Daaaann, setelah mulai masuk ke dunia per-vlog-an, aku udah bikin total 4 vlog, Trip to Belitung, One Day in Bali, Trip to Lombok sama yang terbaru Malaysia Short Trip.
Alhamdulillah walaupun viewer-nya ga banyak, aku punya beberapa orang yang selalu rajin kasih komentar dan masukan untuk vlog berikutnya, jadi setelah Vlog Lombok kemaren, aku bikin beberapa improve salah satunya masukin lebih banyak musik biar yang nonton ga eneg ama suara cempreng aku, hihihi. But....unfortunately, beberapa jam setelah upload aku dapat pesan whatsapp dari teman kantor katanya vlog-ku ga bisa dibuka, lah aku kan bingung..karna pas selesai upload, aku tonton dan share link sih ga ada masalah. Tapi kok yaa ga bisa dibuka?

Hmmm berkat motto hidup 'Learning by Googling' aku pun google dan dapat tips dari Forum Kaskus yang memberikan sedikit pencerahan yang ternyata, karna aku masukin lagu-nya Alesso ft Serena - Sweet Escape, vlog aku kena kayak semacam pelanggaran hak cipta gitu. Vlog aku bisa diputer kayak biasa kalau aku ngajuin Monetisasi. Monetisasi itu artinya konten vlog aku akan diisi materi komersial kayak iklan youtube yang biasa teman-teman blog walker lihat juga. Tapi...monetisasi itu sifatnya kan pengajuan, jadi akan butuh waktu untuk peninjauan dari tim Youtube, selain itu syarat utama video akan ditinjau pengajuan monetisasinya adalah viewer-nya sudah melebihi 10.000. Laaahhh buat nembus 100 viewers aja aku ngos-ngosan, hihi.
Akhirnya mau ga mau aku harus ulang ngedit dan upload lagi video blog-nya.
Trus, ga pake back song doong??

Nah...setelah utak atik dan cari info lewat artikel QnA-nya Youtube, ternyata ada win-win solution buat kita yang mau upload vlog pake lagu dan ga mau kena monetisasi. Gini caranya..

Step 1
Pertama, masuk ke channel kita sendiri, Pilih Creator Studio


Step 2


Next, pilih buat dan pilih koleksi audio, disana banyak banget pilihan back song sama sound effect yang bisa kita download dan licensed untuk dimasukan dalam konten video kita. , Nah...itu dia kenapa vlog Malaysia yang upload-an pertama ga bisa dibuka karena konten didalamnya ada hak cipta, hiks...am sorry :(.
Pelajaran kali ini adalah, kita harus menghargai setiap karya orang dan kalau mau dipakai, memang harus ada izin tertulis dan resmi dari yang punya hak cipta.

Yaasss, dari aku segitu ajaa semoga bermanfaat dan semangat berkaryaa :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar