Kamis, 17 Februari 2011

Amandel ??

Amandel, kata Dokter atau orang pintar adalah radang tenggorokan berupa sedikit pembengkakan yang membuat penderitanya susah menelan. Waktu itu, nanda masih SMP, nanda punya temen yang juga kena amandel, parah banget, sampai space batang lehernya jadi kecil banget. Ada juga kakak kelas nanda yang sampai harus di operasi karna amandel. Bener-bener unpredictable, nanda ternyata juga kena amandel, ngiiikk -__-''
itu pas nanda lagi sakit, pendarahan kecil gtu, setelah diperiksa ke dokter dan katanya ga kenapa2, mama nanda ga puas dan dibawalah nanda ini ke 'orang pinter', dan disana kata mbak-mbaknya, -ya karna orang pinternya masih gadis-, nanda kena amandel yang bikin nanda jadi sering sakit, hampir tiap bulan sakitnya. Disana si mbak2 bilang pantangan2 orang amandel, yang nanda inget sih, semangka, permen karet, ama minum es. Nah, semenjak itu, nanda menjadi anak baik dengan menghindari pantangan2 tadi, jadilah nanda anak SMP cablak yang jarang sakit. Sampai nanda kelas dua SMA, iseng2 makan permen karet karna ngerasa amandel itu udah ga ada. Tapi ternyata itu salah, salah besar, nanda langsung sakit tenggorokan dan demam :|. Semenjak itu, setiap nanda capek,kepanasan, salah makan, pasti bakal sakit tenggorokan dan langsung demam, dan itu terjadi hampir tiap bulan, sampai sekarang.
Ternyata amandel itu adalah bagian dari kelenjar getah bening yang letaknya di sisi kanan kiri pangkal tenggorokan. Peradangan pada amandel bisa terjadi karena infeksi bakteri maupun virus. Ketika kondisi-nya meradang organ akan membesar, berwarna merah, dan disertai rasa sakit (nyeri). Berarti selama ini yang kita bilang 'dia punya amandel' adalah getah beningnya tadi, yang ga sakit dan dimiliki ama semua orang, yang bikin amandel sakit itu yaa radangnya, yang bikin tenggorokan sakit, demam, sakit kepala, susah makan, suara berubah -makanya nanda jadi cempreng gini karna radang amandel meureun- dan hal-hal ga enak lainnya.
Satu lagi, radang amandel ternyata bisa nyerang siapa aja, dan orang yang udah sembuh ga nutup kemungkinan buat radangnya kambuh lagi.
Yang nanda takutin adalah operasi amandel, walau katanya ga sakit, tetep aja nyeremin dan bisa ngurangin imun dalam badan kita, karna salah satu fungsi amandel adalah sebagai imun terhadap bakteri dan virus yang bakal masuk ke badan kita lewat mulut.Bayangin aja kalo si amandel ini udah diangkat. Fakta lain adalah, ternyata orang yang kena radang amandel harus perhatian banget ama food safety and hygine, karna tu sensitif banget. OMG, harus gimana lagi gueee??, orang amandel juga ga boleh berbagi gelas dan alat makan dengan orang lain, ngoookks.
Ternyata, amandel yang merupakan salah satu bagian dari sistem imun juga bisa rusak karna diri kita sendiri. Oke nanda, semangaaaatt, amandel hanya bagian kecil dari hidupmu nak \^_^/

3 komentar:

  1. kalo amandel, berarti kelenjar getah beningnya yang bengkak. Gitu kah?

    BalasHapus
  2. ka rave: iya kak, bengkak, dikiit

    cacan: iyaa, nanti kita bikin grup amandel ipb, hehe

    BalasHapus