Jumat, 20 Juli 2012

Darajat Pass, Wisata Pemandian Murah Meriah di Garut

Kebiasaan orang-orang di kampung Nanda adalah mandi balimau kasai sehari sebelum menyambut Ramadhan. Mandi Balimau Kasai itu udah kayak kewajiban bagi orang-orang di kampung Nanda. Ramuan mandinya itu ada beras yang di oseng ama kunyit, daun sereh, dan daun jeruk purut, bisa juga ditambahin daun-daun harum lainnya, tapi biasanya dirumah nanda pake itu. Pas berasnya udah coklat dan harum, berasnya digiling dan dinamain kasai. Guna beras ini sama kayak lulur gitu, trus ada air perasan jeruk purut sama jeruk nipis juga. Nah, pas ramuan mandinya udah jadi, kalo jaman dulu sebelum di setiap rumah orang ada jamban dan kamar mandi, orang-orang mandinya ke sungai rame-rame gitu. Tapi, karna sekarang air sungainya udah dangkal dan kehidupan udah maju tetep aja tuh sungai kampar masih rame buat mandi balimau kasai.
Biasanya ga cuma orang kampung nanda yang nongkrong di sungai sehari menjelang puasa, tapi orang-orang dari kampung sebelah juga ikut ngeramein, lebih seru lagi karna biasanya ada lomba pacu sampan, hias sampan dan lomba benen. Oh ya, benen itu semacam ban dalam kendaraan besar kayak truk atau bis, di pake buat berenang di sungai kampar. Ukurannya benennya juga beda-beda tergantung ukuran badan, ukuran anggota keluarga dan ukuran dompet, hahah.
Seumur-umur nanda cuma mandi balimau yang bener-bener nyebur sungai pake benen itu cuma sekali pas SD, kalo ga salah kelas 5 atau enam gitu, yang jelas waktu itu nanda udah cukup umur -menurut emak nanda- untuk mandi balimau di sungai. Selebihnya, nanda mandi di rumah atau main ke sungai tapi cuma dipinggir-pinggirnya aja, hehe. Lagian, pas lulus SD kan nanda udah di pesantren, menjadi wanita muslimah dengan motto hidup tidak akan berenang di sungai beramai-ramai, haha.
Keadaan tidak mandi balimau di sungai diperparah lagi karna di pesantren nanda ga pernah dapet puasa pertama di rumah, apalagi sekarang udah di Bogor dan apalagi puasa pertama ini nanda di Garut. Tapi untungnya Allah memberikan nanda hati yang kuat dan teman2 yang baik, jadinya nanda ga sedih walaupun nanda jauh dr rumah hehe.
Demi mengobati hati yang luka, mumpung di garut dan mumpung belum puasa, nanda jalan ama kelompok KKP nanda yang kece kece, hehe. Kita ke Darajat Pass, pemandian air panas baru di Garut, kecamatan pasirwangi kalo ga salah, hehe. Kalo dari desa Banjarsari tuh deket, tinggal naik angkot lewat Palnunjuk, jalannya menanjak rada serem, tapi pemandangannya subhanallah lukisan Tuhan yang sangat indah. Kanan kiri kita tuh perkebunan dataran tinggi gitu, jadi dari jauh tuh kayak petak2an warna-warni gitu. Karna letaknya di bukit, pas kita kesana jam 3an tuh udah turun kabut dan dinginnya pake aja. Dan, cuaca gelap bikin semangat foto-foto jadi suram ditambah lagi lensa kamera nanda ga bisa pake auto dan ga bisa nge-shoot jauh :(.
Trus, disana ada kebun stroberi, tapi jauh di puncak darajatnya, karna kita lagi pengen banget main di kebun stroberi, kita bela2in naik keatas bukit yang terjal banget, daaaann pas diatas kebun stroberinya udh tutup karna udah sore :|, tapi untung pemandangannya masih bisa dinikmatin tapi ga lama kabutnya turun dan kita kalau diliat dari jauh tuh kayak deket awan :D. Tempat pemandian air panasnya ada beberapa blok gitu, tapi kita cuma sanggup ke blok paling bawah, abisnya tinggi, capek, haha. Walaupun nanda ga mandi karna ga bawa baju ganti dan emang ga mau mandi, nanda cukup seneng, karna ini adalah balimau versi nanda, balimau di waterboom. Gapapa jauh dari keluarga, karna prinsipnya..dengan merantau keluarga kita bakal tambah banyak, hehe. nih beberapa penampakan waterboomnya:
jalan ke kebun stroberi

kolam air panas, asepnya ngebuuull

waterboom air anget

di puncak bukit deket kebun stroberi

syudah mulai dingin sodara-sodarah


cak juo lah ughang di kampuong balimau di ai laki, yang pontiong den ala balimau di waterboom malope tarogak juo kampuong

4 komentar:

  1. Lokasi dan waktu mandi balimau nya kapan tahun ini nanda.. *masukin agenda* *siapin teropong*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak pake acara balimau bang, wooooo :p

      Hapus