Sabtu, 18 Agustus 2012

Membayar fidyah, hendaknya kepada siapa??

Gini nih kalo blogger wanna be, bikin postingan sesekali aja, hehe. Maklum, sibuk, hehe.

Setelah pulang dari Garut tanggal 9 kemaren, Nanda langsung caw ke Pekanbaru tanggal 11nya, ga cuma badan yang capek, tp kulit muka Nanda jg capek, keliatan dari bruntusan yang menyebar dan jerawat yang bertambah, (" ‘︿’)
Jadilah dengan alasan capek -ga banget deh- libur dulu tarawihnya dua malam, hehe. Nah, pas malam 27 nanda pergi tarawih, masjidnya udah sepi, yang cewe tinggal 1 shaf dan itu kebanyakan nenek,-nenek °`^´°. Disana Nanda ketemu sodara Nanda, Nanda manggil beliau Mak Udo, itu semacam tante kalo disini, soalnya kita terhubung dari nenek. Mak Udo nanya sama Nanda, dia kan punya menantu yang lagi nyusuin, jadi ga puasa, trus mau bayar fidyah ke adek iparnya -adik kandung suaminya- yang emang kurang mampu, punya 4 orang anak perempuan, dia sedang sakit, dan suaminya punya penghasilan yang pas pasan.
Nanda bingung mau jawab, secara semua pelajaran agama Nanda udah ngebul gara-gara ga diulang lagi, sad
Tapi Alhamdulillah Nanda nemu jawaban yang mungkin sedikit bisa masuk diakal: Membayar fidyah kepada saudara kita yang kurang mampu, tapi alangkah baiknya cari orang lain, kenapa??. Ya karna membantu saudara kita yang kesusahan itu sudah kewajiban, tidak menunggu momen membayar fidyah, kalo niatnya tadi bayar fidyah ke saudara buat ngebantu kehidupan mereka, kenapa ga dari dulu, kn kita sodaranya.
Nah, mumpung beberapa jam lagi mau lebaran, silahkan bloggerwalker yang punya pengetahuan lebih tentang ini di share di mari \´ ▽ ` /.
Published with Blogger-droid v1.6.6

3 komentar:

  1. Wah,boleh gabung yah...
    kbetulan ceramah di mesjid kemaren malem tentang zakat, dan penceramahnya bahas ttg fidyah jg..
    Nah,trkait ibu hamil atau menyusui, ada 3 pengkategorian katanya..
    1. Ibu hamil/menyusui yg mnghawatirkan kondisi dirinya-->maka meng-qadha' (ganti puasa di saat sudah mampu brpuasa)
    2. Ibu hamil/mnyusui yg mngkwatirkan dirinya dan bayinya ---> meng-qadha' puasanya (sama sperti poin 1)
    3. Ibu hamil/mnyusui yg mngkhawatirkan anaknya saja, disini ada perbedaan pndapat dikalangan ulama, ada yg menggunakan dasar a) meng-qadha' saja, b) membayar fidyah (memberi makan berbuka pada 1 org) dan c) qadha' sekaligus mmberi makan seorang miskin (fidyah).

    Paling aman ya poin 3-c, karena kata ustadz, tidak ada hukum yg menggugurkan kewajiban qadha' bagi yang sudah mampu mengerjakannya...adapun tetap mmbayar fidyah dengan dasar dalil umum ttg wanita hamil/menyusui yg tidak mampu berpuasa disuruh membayar fidyah..

    So, menurutku, menantunya Mak Udo tetap disarankan untuk mengganti puasa saja setelah kuat puasa...

    *) perbedaan memilih dalil mana yg dijadikan landasan itu tidak masalah, bukan berarti yg lain (diantara 3 di atas salah).. hanya saja, tidak ada yg menerangkan aturan "cukup membayar fidyah saja"... smoga membantu. Kebenaran hanya milik Allah SWT.

    BalasHapus
  2. Eh,maaf...RALAT ya... mksudnya ada yg menerangkan aturan "cukup membayar fidyah saja" --> 3-b...

    BalasHapus
  3. iya bang, makasih banyak nih, hehe. Tapi kalau disini masyarakatnya sudah terbiasa dan rada gimana gitu kalau utang puasanya ga lunas sampe ramadhan tahun depan, sedangkan hamil dan menyusui kan bisa melewatkan 2-3 ramadhan. Nah, yang aku masih bingung emang boleh yah kita ganti puasa ramadhan tahun ini ga selesai sampai ramadhan tahun depan??

    BalasHapus