Kamis, 11 Oktober 2012

Gajah yang Kehilangan Rumah

Sekarang nanda pengen cerita tentang kejadian di bulan Ramadhan beberapa tahun lalu. Nanda lupa persisnya tahun berapa, kalo ga salah pas nanda kelas 5, berarti sekitar tahun 2001-an. Ga ada yang berbeda dari Ramadhan sebelumnya, waktu itu bang Romi udah libur dari pesantren, dan pastinya ayah belum pulang. Biasanya, bang romi berangkat solat tarawih bareng ama temen-temen gengnya di rumah, kalo nanda berangkat ama emak naik motor. Sekitar jam 9an, nanda juga pulang tarawih, tapi bang romi biasanya pulang jam 10an, biasaaa kan anak laki jadi ngegaul dulu, hehe.
parkiran motor di rumah nanda ada di bagian paling belakang, deket dapur dan dapur nanda deket kebun, kebunnya deket hutan dikit. Motor udah masuk, orang yang punya motor pun masuk. Sambil nunggu bang romi, nanda biasanya ngemil dulu sambil nonton sama emak. Tiba-tiba bang romi terbirit-birit pulang sambil teteriakan 'Maaakk, ada gajah'. Waktu itu bang romi lagi ama temennya yg emang punya badan segede gajah, hehe. jadi emak mikir kalo bang romi becanda, ga taunya beneran ada gajah meeenn.
Nanda sih ga sempet liat gajahnya, cuma denger dentuman kakinya aja. Pas nanda ke belakang rumah, nanda kaget karna ternyata gajahnya udah ngacak2 belakang rumah nanda, untungnya dia masih ngacak2 pohon kelapa yang emang masih kecil ama pohon2 yang lain. gajahnya juga ninggalin jejak sekitar 30cm-an.
Serem banget, saking serem dan berkesannya waktu itu nanda bikin tulisan di kertas tentang kronologi gajahnya. Iya, waktu itu nanda udah mulai suka nulis,dan tulisan itu nanda tempel di kamar karna dulu nanda belum tau blog, hehehe.
beberapa tahun kemudian, Pas 17 Agustus 2008, ada Riau Expo di Pekanbaru, nanda kesana buat liat-liat dan beli buku kumpulan karya jurnalistik (tulisan dan foto) yang dapat penghargaan dari Pak Rida K. Liamsi, beliau itu jurnalis terkenal loh di Riau, kalo ga salah beliau itu pimpinan Riau Media Grup atau apalah itu nanda juga kurang tau, hehe. Nanda sengaja beli karna emang waktu itu nanda lagi suka-sukanya ama jurnalistik. dan disana ada judul tulisan 'Ketika Gajah Mati Tak Meninggalkan Gading' Tulisannya nyeritain banyak gajah yang mati sia-sia dengan bekas luka di bagian mulut dan udah ga ada gadingnya lagi. Dan gajah yang itu termasuk spesies yang hampir punah.
Sedih banget euy. Itu kejadian beberapa tahun loh, gimana dengan sekarang, mungkin aja gajah yang dulu nyamper ke rumah nanda karna tempat tinggal mereka udah ditebang habis-habisan. Ya Allah, harusnya kami (umat manusia) tahu bahwa Engkau tidak pernah menciptakan satu hewan melatapun dengan sia-sia agar kami bisa saling menyayangi dan menghargai kehidupan sesama makhluk ciptaan Mu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar