Sabtu, 29 Desember 2012

Cengcorang yang membuat galau

Kemaren, ada cengcorang gede banget di kamar nanda. Ga tau dari mana datengnya, tau2 dia udah ada di kamar. Pas udah tengan malem, nanda ke ruang TV buat ngambil kipas, eeh tau2 pas nanda kesana cengcorang td langsung hinggap di kipas anginnya. Hmm..tiba2 nanda mikir yang enggak2,tentang firasat2 yg ga enak, tentang kematian salah satu anggota keluarga nanda.
Ayah, itu yang langsung teringat, karna yang nanda tau sekarang ayah semakin tua, rambutnya semakin memutih, frekuensi batuknya semakin memanjang, sakit pinggangnya pun seperti tak ada ujung. Tapi ayah terus bersikeras utk tetap di Malay, kata beliau 'Nanti aja pulangnya kalau adek udah lulus', yah..itulah Ayah dan hatinya yang keras.
Bukan meminta, tapi nanda emang udah selalu menyiapkan kuping dan hati yang tenang ketika suatu saat nanti ada kabar bahwa nanda harus kehilangan salah satu orang tua nanda, yah..menyiapkan diri untuk hal itu penting kawan, sangat penting malah. Nanda sudah membayangkan segala resiko dan keadaan ketika ada salah satu anggota keluarga nanda yang nanti berkurang, terutama orangtua nanda. Mengapa??, karna selama dua puluh satu ini, ga ada setengahnya dari waktu itu yang nanda lewatin bersama. Nanda pisah dengan Bang Romi pas masih kelas 4, pisah dengan Emak pas masuk pesantren waktu SMP sedangkan waktu dirumah nanda selalu sibuk dengan kegiatan sekolah, pisah dengan Ayah?, bahkan nanda ga tau kapan kita ketemu, yang nanda tau, kami selalu terpisah..sejak nanda lahir juga ayah ga ada di rumah, yang ngelantunin iqamah juga bukan ayah nanda, jadi...terpisah dengan anggota keluarga bukan lagi jadi masalah besar buat nanda. Kata Homesick mungkin cuma klise buat nanda, semacam kata untuk menghindar ketika nanda udah terlalu lelah menjalani rutinitas hidup di luar. Lalu, apa yang harus nanda takutkan ketika kehilangan mereka??
Bukan takabbur, tapi memang begitu adanya, hampir tidak ada kenangan yang benar2 indah antara nanda dan ayah, flat..tanya kabar, udah makan apa belum, jangan lupa makan yang banyak, belajar aja yang rajin, jangan macam2, ingat adek merantau, jaga kesehatan, jaga diri. Kalimat yang hampir sama yang nanda dengar di telpon, yah.. bukan tidak bersyukur tapi memang itu adanya.
Nanda ikhlas ya Allah, tentang apapun yang akan terjadi nanti, besok, lusa, hari ini, atau kapan pun itu. Nanda percaya, Allah tau sebesar apa rasa sayang nanda ke keluarga nanda, selama ini kita memang selalu terpisah jarak dunia, tapi tetap nama kalian ada di untaian do'a-do'a nanda..keringat kalian menjadi darah yang mengantarkan energi untuk nanda. Lalu, kenapa nanda harus takut ketika suatu saat nanti kita terpisah jarak barzah??, Toh, selama ini yang mengikat kita hanyalah doa dan cinta dengan ekspresif abstrak, ekspresif bermedia. Itu saja, simple
Yah.., kira2 itu lah yang muncul dipiran nanda semalem ketika firasat2 buruk yang muncul hanya karna melihat cengcorang hijau itu, Allah yang tentunya menjaga dan memberikan kekuatan buat Nanda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar