Sabtu, 29 Desember 2012

Ilmu Pengetahuan yang [mungkin] belum terpecahkan

Adalah emak nanda, wanita paling cerdas yang pertama kali nanda kenal. Emak banyak banget berhipotesa dan ngeluarin pertanyaan2 unik seputar ilmu pengetahuan yang mungkin sebagian orang belum memikirkan itu.
Jadi ceritanya gini, tadi malem itu nanda ama susan seperti biasa ngobrol ngalor ngidul ga jelas sebelum bobo, tiba2 nanda inget dulu Emak pernah bilang 'Kalau kita ga bisa tau pukul berapa persisnya kita itu tertidur, terlelap atau hilang kesadaran mungkin'. Yap, dan nanda sampein itu ke susan. Emang bener, dulu Emak bilang gitu pas udah lama banget, lama banget pokoknya. Nanda juga jadi mikir, bisa aja kan kita bilang kalo td malem kita tidur pukul setengah dua belas, tp apa bener di puku setengah dua belas teng kita tertidur, pulas, dan hilang kesadaran??
Mungkin itu bisa dibilang ilmu pengetahuan yang belum terpecahkan, kita ga bisa tau pukul berapa persisnya kita tertidur even kita mantengin jam sebelum tidur, tp tiba2 kita bakal ngantuk perlahan hilang kesadaran dan benar2 terlelap tanpa kita tahu pukul berapa saat kita terlelap
Tapi, kita kan bisa aja minta bantuan orang lain buat nungguin kita yang sedang ngantuk sambil mantengin jam, kita minta orang itu ngamatin kita, tapi...apakah dengan mata terpejam kita bisa dibilang sudah tidur sebenarnya??, menurut nanda belum..Bisa aja matanya merem tp sebenernya dia belum tidur, baru berusaha utk tidur, ya kan??
Nah.., mungkin dalam hal ini ada sesuatu yang belum nanda tau, mungkin ada semacam alat utk mendeteksi saat orang benar2 tertidur yang nanda belum tau, atau mungkin ada metode lain utk mengukur dengan tepat pada pukul berapa seseorang benar2 tertidur, hmm. Oke blog walker, sedikit share dari teman2 semua sangat membantu utk menjawab pertanyaan ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar