Senin, 06 Mei 2013

Mematok waktu sholat dari twitter, bolehkah?

Di jam istirahat makan siang ini, nanda mau ngepost tentang pengalaman nanda sendiri yang akhir-akhir ini sering nanda jalanin. Jadi, mohon do'anya teman-teman, sekarang nanda lagi berusaha buat sholat tepat waktu, ngngng atau ga sebisa mungkin ga jauh-jauh banget dari azan berkumandang. (Niatnya bukan buat pamer, tapi biar yg baca nge-aminin, hehe). Jujur aja, nanda tu kadang malu ama Allah ketika bikin janji sama orang, pengennya selalu ontime, ga telat barang semenit, tapi ketika Allah manggil kita untuk ketemu Dia, apakah kita bisa ontime?, nah pikiran itu yang bikin nanda tertohok sendiri. Apalagi sejak lulus pesantren, kayaknya nanda jauh banget dari yang namanya sholat tepat waktu
Biasanya, kalau dikosan nanda masih bisa denger adzan (kecuali subuh, hoho), jadi nanda bisa tau waktu sholat secara tepat dan akurat. Tapi, ada satu masalah nih, kalau di kantor nanda ga bisa denger adzan karena masjid Al-Ghifari lagi dipugar. Jadi, patokan adzan nanda adalah twitter. Tapi....., apa boleh kita mematok adzan dari tweet yang menyatakan "Waktunya adzan Dzuhur untuk Bogor dan Sekitarnya"?. Secara gitu twitter dibikin sama orang yang non-muslim (bener ga sih?), dan kita memanfaatkan itu buat ibadah. Why not?, kan kata Rasul bid'ah itu ada yang baik dan buruk, liat aja semua gadget yang sekarang mungkin itu yang bikin bukan orang muslim, TOA masjid yang ngebantu kita bisa denger adzan mungkin juga yang nemuin bukan orang muslim.
Jadi, intinya..., kita ga boleh taqlid (mengikuti semua ajaran di Al-qur'an dan Hadits secara 'buta' atau tanpa pertimbangan dan kajian mendalam), apalagi sampai nganggap semua produk yang dikeluarin sama orang non-muslim ga boleh digunakan oleh orang islam. Selagi niat kita baik, buat ibadah, kenapa enggak?. Toh itu juga menurut nanda bisa jadi sebagai salah satu cara buat menghargai karya cipta seseorang, yaitu dengan memanfaatkannya sebaik mungkin, bukan dengan menutup diri dari benda-benda dan teknologi tersebut, gitu....
Tumben yeee kali ini nanda bijak, hehe. Tapi ini cius loh, semoga postingan ini bermanfaat, monggo yang lagi blogwalking dan belum sholat segera sholat yaaahh. Malu, masa ketemu orang mau ontime tapi ketemu Allah diundur-udur :)

4 komentar:

  1. Sama kayak aq kalo mw naik kereta. Pasti liat Ttwitter dulu. :-) Semangat y sholat tepat waktu-y. Semoga Alloh mudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, makasih yaa, butuh tekad yg kuat ternyata kalau mau sholat tepat waktu itu, hehe

      Hapus
  2. Gpp deh kayaknya nan, kan buat sesuatu yg baik. Kalo aku sih lebih enak pake aplikasi athan aja. Di aplikasi itu kita bisa setel lokasi kita dimana, trus nanti dia bakal ngingetin kita dengan suara adzannya tiap waktu solat datang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bhekti, dulu sempet pake aplikasi itu, tapi ke uninstall, trus males nginstal lagi, hehe

      Hapus