Sabtu, 20 Juli 2013

Berkurangnya Ingatan, salah satu dari ketentuan Allah SWT

Kalau ditinjau dari teori perkembangan manusia, Demensia atau penyakit kemunduran kemampuan karena faktor degenerative, salah satunya pikun.
Tapi, ada suatu grand theory yang kepastiannya udah ga bisa ditolak, ga bisa diragukan, dang a bisa diragukan. Allah. Salah satu firman Allah didalam surat Al-Hajj ayat 5 menjelaskan tentang penciptaan manusia sampai gimana nanti manusia itu tua.

Kalimat ‘sebagian dari kamu’, menurut nanda itu maknanya dalam banget. Artinya, ga semua orang itu bakal pikun di masa tuanya, ada yang meninggal sebelum dia pikun. Tapi, yang dikasih umur panjang sama Allah, dia bisa jadi pikun, bukan karena apa-apa, tapi karena itu udah jadi ketentuan Allah. FYI, Almarhumah nenek dan kakek nanda itu meninggal sebelum mereka pikun, sekitar umur 60an gitu. RIP for both of them :)
Oh ya, ada satu lagi ayat yang ngejelasin tentang Demensia, yaitu QS Ar-Ruum (54), yang artinya kira-kira seperti ini: "Kamu dilahirkan dalam keadaan lemah, kemudian kamu menjadi kuat, dan kamu akan kembali lemah", Mungkin ayat ini juga bisa ngejelasin istilah umum yang kita pahami kalau orang yang sudah tua itu, perilakunya balik lagi kayak anak kecil. Subhanallah. Ternyata segala sesuatu di dunia ini, sudah ada ketentuannya dari yang diatas, dan ketentuan itu termaktub di kitab yang sempurna, Al-Qur'anul Karim :)
Yuk, baca Al-Qur’an sekalian sama maknanya, biar kita paham sm apa yang sedang kita baca, karena Allah itu suka dengan orang-orang yang mengetahui dan mengambil pelajaran dari apa yang dia lihat dan dia dengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar