Selasa, 23 April 2013

Rute Perjalanan ke Gedung Pusat Informasi Kompas

Terinspirasi dari blog-nya mbak Aini yang sering banget berkelana, nanda juga mau nulis tentang rute perjalanan kesana. Berhubung nanda udah pernah dua kali kesana, jadi disini ada beberapa alternatif yang bisa nanda kasih ke temen-temen semua. 1. Naik kereta api tut tut tut plus busway Karena nanda jalan dari Bogor, jadi kasih review-nya juga dari Bogor yah. Kita bisa naik kereta Jurusan Jkt Kota atau Tanah Abang, nanti turun di St. Cawang, pas turun jangan langsung naik tangga ke arah jalan raya, karna itu sia-sia belaka, karna halte busway-nya ada di seberang jalan dan kita ga bisa nyebrang, haha. Jadi, sebelum naik, kita harus jalan di terowongan deket stasiun dulu buat nyebrangnya, baru naik ke halte terus naik busway dan turun di slipi petamburan. Sampai sana kita harus naik tangga penyebrangan ke arah yang banyak angkot dan tukang ojegnya atau ke arah kiri. Oh ya kalau yang mau ke Jakarta Design Center, temen-temen bisa nyebrang ke arah kanan, tapi nanda ga tau disana ada apaan yang jelas ada designer kece :).
Rute perjalanan yang dikasih sama mbak Aini emang sesuai kenyataan banget loh, kita bisa milih mau naik M09, M09 A, atau M11. Sebenernya jalan kesana nanggung, naik angkot nanggung, tapi jalan kaki gempor, hehe. Terus kita bisa berhenti didepan gedung Kompas Gramedia, kita tinggal lapor ke satpam bilang mau ke litbang, ntar dikasih ID pengunjung dan kita disuruh jalan lewat belakang (parkiran) sampai di belakang lapor lagi ke satpam bilang mau ke litbang, nanti ID kita diambil dan kita kudu jalan lagi sampai ngeliat ada gedung mirip vihara di sebelah kanan dan di kiri depan ada gapura. Masuk aja ke gapuranya dan jalan lagi sedikit serong kiri, nyampe deeehh… Pas pulang, trayeknya sama yaahh.
Oya, kalau mau ke Jakarta Post juga bisa naik trayek yang sama, karena gedung Kompas Gramedia dan gedung The Jakarta Post itu ternyata sebelahan 2. Naik kereta api aja Ternyata, gedung PIK itu deket sama stasiun kereta Karet. Dari Bogor kita bisa naik kereta jurusan Tanah Abang dan berhenti di Karet. Keluar stasiun kita tinggal jalan ke arah kiri, agak jauh sih tapi seinget nanda ga ada kendaraan umum lewat situ. Nah, jalan aja sampe kita nemuin belokan di sebelah kanan badan kita, belok dan langsung deh ketemu gedung PIK kompasnya. Nah, pas pulang, kita ga bisa langsung ke bogor karena emang ga ada kereta dari sana yang ke Bogor (nanda jg ga ngerti kenapa ga bisa langsung ke Bogor), jadi kita harus naik kereta ekonomi ke Tanah Abang dulu (tiketnya cuma 1000 perak kok) baru naik kereta commuter ke Bogor dari St. Tanah Abang tadi. Sebenernya nanda juga agak ragu apa bener stasiun yang deket PIK itu stasiun Karet apa bukan, tapi kalo di google maps bener st Karet sih, hehe. Mungkin ada yang bisa bantu ngoreksi postingan nanda tentang ini :) 3. Naik APTB Bogor-Rawamangun Bis APTB ini nyaman banget sodara-sodaraah.., hehe, nah kalo naik ini kita tinggal duduk manis sampai ke halte Cawang UKI (halte pertama yang disinggahi APTB), dari sana kita tinggal naik busway koridor 9 (kode warna biru) tujuan akhir pluit, turun di halte slipi petamburan. Selebihnya rute perjalanannya sama kayak yang nomor 1. Oh ya, bagian litbang itu ada di lantai 4, pas masuk tinggalin KTP dan kita bisa naik lift ke lt 4. Disana fasilitasnya lengkap, ada perpustakaan buat buku-buku terbitan Kompas dan beberapa buku Jurnalistik, kliping koran lengkap dari tahun 1965, komputer buat searching file versi digital, dispenser, toilet, musholla dan ruangan yang dingiiiiin. Oya satu lagi, pas mau turun lewat lift, lantai tujuan kita buat jalan keluar adalah G, jadi jangan salah tekan angka yah :) Selamat melakukan perjalanan teman-teman blogwalker tercinta :*)

2 komentar:

  1. Hey Nanda.. Baru liat kalo nama ku disebut.. Hehehe.. Thanks for reposting.. Semoga membantu banyak orang yah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Aini, sama-sama. Makasih sudah menginsipirasi.

      Hapus