Minggu, 01 Mei 2016

Customer Delight

Saat ini, istilah customer delight sudah mulai digaungkan di AgungToyota, khususnya di tahun 2016 ini. 
Sebenernya, Nanda sendiri udah ga asing dengan istilah customer delight, kita ambil aja contoh Pizza Hut dengan menu 'sensasi delight'. based on my analysis, Delight yang diharapkan adalah pengunjung suka dengan menu dalam paket delight tersebut baik dalam segi rasa, harga, tampilan, dan porsi. Ketika menu pesanan sudah datang di meja, waiters Pizza Hut juga akan menanyakan apakah kita suka dengan rasa menu yang sudah kita pesan; mereka memastikan lagi ada delight disana. Nanda pernah ngelihat waktu makan di sana, ada anak perempuan seusia TK pergi makan dengan  Ayahnya,  kayaknya sih si anak abis ada pementasan gitu, waktu si anak cuci tangan, kayaknya anak tadi ga nyaman dengan tatanan rambutnya dan mencoba untuk menguncir sendiri rambutnya, trus mbak-mbak waiters-nya lewat dan bantu adek tadi nguncir rambut sampai selesai, and it look so sweet. Mbak waitersnya tulus banget. Padahal pekerjaan menguncir rambut anak pengunjung ga ada dalam job description mereka, tapi itu lah yang dinamakan dengan konsep customer delight, melakukan hal-hal yang tidak biasa, penuh ketulusan, dengan tujuan menciptakan pengalaman yang WOW dari pelanggan. 

Delight berikutnya dari BerryBenka, situs belanja online yang sudah mulai Nanda gunakan sejak tahun 2013. Waktu itu saingan BerryBenka belum sebanyak sekarang. Setelah coba belanja di situs lain, Nanda tetap suka dengan BerryBenka, kenapa??, karena mereka punya website dengan antar muka yang mudah dijalankan, sistemnya juga ga nge-lag dan yang terpenting adalah pelayanan mereka yang berbasis customer delight dan terus di-improve
Tahun 2013 Nanda awal belanja, mereka ngirim barang dalam dus khusus dengan branding  BerryBenka. Tahun berikutnya mereka ngirim barang masih dalam dus biasa dan dibungkus lagi didalam goodie bag BerryBenka dilengkapi dengan kartu ucapan terimakasih,  form return, dan voucher diskon di beberapa merchant, waktu itu dapat voucher diskon di Bilna. Tahun 2015 pesanan kita sudah dikemas didalam kotak eksklusif BerryBenka dan gift yang warbiyasah yaitu voucher diskon Zap 😍. 
Tahun 2016 ini

Selain itu, mereka juga rajin kirim email, ga cuma email promo tapi juga email update dari mereka tentang perkembangan pesanan kita mulai dari order received, payment reminder, payment received, order packed, sampai order shipped lengkap dengan nama jasa kurir dan nomor resi 👍.

Lalu, apa yang Agung Toyota bisa lakukan untuk menciptakan customer delight??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar