Sabtu, 22 Januari 2011

Beasiswa Utusan Daerah, Benarkah Hanya Bermodal Hoki..??

Especially wrote for my great partner CSS MoRA

Beasiswa Utusan Daerah atau yang lebih dikenal dengan BUD adalah salah satu jalur masuk IPB yang memberikan kenikmatan kepada penerimanya untuk menikmati kuliah gratis dan kadang plus uang saku yang cukup, pas-pasan atau bahkan lebih dari cukup. BUD Depag sendiri telah memberikan fasilitas surga dunia untuk seluruh penerimanya yang merupakan jebolan pesantren. Biaya kuliah penuh, living cost, dan fasilitas 'jalan-jalan' tiap tahunnya. Banyak orang berpersepsi bahwa penerima BUD adalah mereka yang memiliki kapasitas otak dan akademik diatas rata-rata. Penerima BUD adalah mereka si batu gunung yang mencoba untuk menjadi batu berlian di Perguruan Tinggi Negeri. Namun siapa sangka, ternyata banyak dari kita yang merasa keberadaannya disini hanyalah berkat peruntungan yang sempat beberapa detik mampir ke alam imajinasinya. Tidak sedikit juga teman mahasiswa mengatakan bahwa BUD hanyalah hak mereka yang 'beruntung'. Paradigma seperti ini sudah sering saya dengar, bahkan sejak saya belum jadi kandidat penerima beasiswa itu. Tapi biarlah.., hoki atau bukan, itu adalah rencana direktur besar kita di Arsy sana.
Kata-kata BUD hanya bermodal hoki nanda dengar lagi waktu ngobrol bareng temen-temen DPM FEMA di kantin metro gizi tadi pagi pas nungguin ka egun buat rakom, tepatnya di kursi orange depan fotokopian bang Agus, disitu ada nanda, rahmi, mail, ama irul. Di bangku sampingnya ada ka erdi ama ka ika lagi ngerekap nilai biokim gm 46. Begini ceritanya..
irul: nanda pulang lagi ga liburan ini??
nanda: ga, kan mau jalan-jalan :)
irul: waah, jalan kemana emang..??
nanda: ke bali, hehe
irul: asikkaaan, ama siapa mah..??
nanda: ama temen2, ama temen2 css nanda mi
rahmi: haaahh, asik dooong,
mail: css apaan nda..??
ka erdi: community of santri scholar..
mail: ??
nanda: itu loh il, yang bud depag tea
mail: emang kalian ngapain aja sih..??
nanda: yaaa, belajar yang rajin biar dapet ip gede, kalo ada acara dr depag ya ikut.
mail: emang kalian ip-nya harus berapa..??
nanda: sama sih, ama syarat dari ipb mah, ga ada syarat wajib
mail: enak banget yak BUD, kuliah kayak yang reguler, tapi dibayarin, lagian BUD juga cuma modal hoki..
nanda: [deg.., gleg.., sambil ngebela], iihh..tes masuknya susah kaliii
mail: yaaa, kan cuma awalnya doang,lagian yang tes juga lulusnya untung2an kan..

fufufu..., mail ada benernya juga, ga salah sama sekali, beneraan deh.
gini ya teman2, kita ngerasa ga sih kalo sebagian kita ada disini karena hoki, mungkin dulunya pas sekolah kita punya temen yang puinteeeerr banget tp ga lulus tes BUD Depag, sedangkan kita, yang ikut tes cuma buat ngeramein alias menuhin kuota pendaftar Beasiswanya, ga pernah mikir sama sekali kalo bahkan lulus, ga pernah nyiapin doa atau nazar khusus kalo kita keterima BUD, dan pas ngerjain soal beneran asal2an, ga pake mikir, bener kan..??,lulusnya kita disini cuma karena dewi fortuna lagi nangkring di lembar jawaban atau pensil 2b kita. --> kesimpulannya, mail bener
Dibalik itu semua, ga dipungkiri juga kalo emang ada temen kita yang emang pinter, berdoa siang malam pagi sore dan tengah malam biar bisa lulus disini, nazar puasa sehari dua hari bahkan seminggu kalo lulus tes BUD-nya, nyiapin mateng semateng-matengnya mateng seluruh rangkaian tes BUD Depag. --> kesimpulannya, mail salah
Tapi, apapun itu, hoki atau ga, masalahnya sekarang adalah pernahkah kita berusaha untuk menghilangkan pandangan hoki pada diri kita..??, khususnya buat yang ngerasa hoki niihh
pas lulus dan keterima di IPB trus kita matrikulasi, banyak diantara kita yang males2an buat ngejalanin dan belajar serius di matrikulasi, bahkan sampai TPB dan penjurusan. alasannya: alaahh, gw mah masuk sini karena hoki kali, ga karna pinter, ga ngerti gw belajar beginian, gw mah bego, dia noh yang pinter.
Ucapan kita yang bilang kita bego itu yang bakal masuk ke alam bawah sadar kita dan men-drive kita buat jadi semakin males, bener ga..??
[sekali lagi ni khusus untuk teman2 yang ngerasa dapet hoki buat kuliah disini, yang ga hoki jangan marah, hehe]
. Oke lah waktu matrikulasi atau TPB kita masih belajar pelajaran SMA yang bagi sebagian kita sulit, dan bagi yang lainnya gampang banget karena udah dipelajari ampe ngelotok pas di pondok. Tapi kawan, pas masuk departemen, kita -yang IP-nya 2,alhamdulillah- dengan teman kita -yang IP-nya 4,00 dibayar tunai-, tu SAMA, sama-sama belum belajar apa itu psikologi anak, farmakologi, fisrep, dasqua, dasgron, daskap, daskom, dasbis, ekoling, osum dan sebagainya. Kita sama kawaaaann !!.
Jujur, nanda sakit ati banget pas dibilang BUD tu cuma modal hoki, walau mail emang ada benernya. Oke, bolehlah kita dibilang masuk sini hanya karena modal hoki, tapi kembali kalimat yang tadi, kita dan mereka sama kawan, belum terlambat untuk kita membuktikan kepada mereka kalau kita punya skill, apapun itu, akademik atau non akademik, yang jelas kita punya ability yang bisa ngebuktiin kalo kita bukan anaknya dewi fortuna.
UAS sudah berlalu, apapun hasilnya, sekarang yang harus kita tatap adalah semester genap, buktikan kalo kita bukan penerima hoki, tapi PENERIMA BEASISWA. Buat adik2 yang masih TPB, belum terlambat buat ngejar ketinggalan kalian di semester satu, batu aja bisa hancur ketiban air, masa kalian ga bisa ngalahin batu, kita sama2 ciptaan Allah looh.
Terakhir, ini cuma sedikit cerita tentang tadi pagi, kalau ada yang tersinggung, maaf. Kalo ada yang suka, makasih =). Kalo ada yang ga seneng namanya ketulis disini maaf juga, tapi bahagialah karna kamu telah menjadi catatan sejarah dalam blog saya :p

7 komentar:

  1. kak emang kakak bisa dapet BUD gimana caranya?

    BalasHapus
  2. Itu dari sekolah dek, santri-santri sekolah saya dapat undangan dari kementerian agama buat ikut tes, ada tes dari sekolah, tes daerah, sm tes akademik kyak SNMPTN biasa :)

    BalasHapus
  3. Ka, maaf bertanya saya siswa SMK dari bandung yang ingin ikut BUD juga
    jadi ka ada tes akademik kaya tes jalur tulis masuk?
    atau tergantung daerahnya? terimakasih ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau SMK aku kurang tau dek, coba tanya aja ke pemerintah daerahnya atau ke sekolah. Tapi secara umum ada tes dari sekolah dulu, terus tes tertulis kayak SMBPTN :)

      Hapus
  4. kak, boleh minta kontaknya? ingin bertanya beberapa hal ini tentang BUD. jikalau berkenan mohon di balas ya.

    Terima Kasih,
    Ari Oktarian

    BalasHapus
  5. kak, boleh minta kontaknya? ingin bertanya beberapa hal ini tentang BUD. jikalau berkenan mohon di balas ya.

    Terima Kasih,
    Ari Oktarian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, via line aja yaaa.. user: nandafiratiwi :)

      Hapus