Sabtu, 27 Oktober 2012

Frankenweenie


Jangan tertipu ya ama poster filmnya yang rada nyeremin, soalnya ini filmnya menurut nanda ga serem sama sekali kok, malah mengharukan banget. Oh ya, nanda certain dari awal yah, ini filmnya item putih loh, total dari awal ampe akhir, jadi pas nonton berasa jadi generasi jaman penjajahan, filmnya item putih, hehe.
Film ini nyeritain tentang persahabatan seorang anak elementary school namanya victor dan anjingnya sparky. Suatu hari si sparky mati ketabrak mobil ampe badannya ancur, dan si victor sedih banget karna sahabatnya mati. Beberapa hari kemudian, guru sains di sekolah victor ngejelasin tentang hewan yang udah mati, tapi ototnya masih bisa ngasih respon ke energi yang dialirkan ke hewan itu. Nah, si victor yang tergila-gila ama sains ini akhirnya nekat ngegali kuburan si sparky dan bikin eksperimen sampe akhirnya si sparky bisa idup lagi lewat kejutan listrik yang dari petir. Tapi, karna takut, si victor ngerahasiain keberadaan si sparky yang idup lagi. Tapi sayangnya, ketahuan ama temennya yang ternyata ember jugaa, walaaahh. Cerita punya cerita, si sparky yang idup lagi lewat eksperimen transmisi energi petir ini jadi cambukan buat temen-temen victor yang kebetulan waktu itu lagi sama-sama bersaing buat menangin pekan sains.
Mulailah temen-temen si victor ngebongkar ruang kerja victor dan ngeliat prinsip kerjanya si victor. Karna penasaran, mereka juga nyoba ngidupin hewan yang udah mati dengan cara yang lebih ekstrem dari victor. Daaaaaann mereka udah bikin keonaran karna hewan-hewan yang diidupin ini malah jadi ganas dan ngerusak kota New Holland. Tapi, karna si victor ini pinter, keganasan hewan-hewan tetep bisa diatasi bro, hehe. Tapi sayangnya, karna berantem ama kelelawar jadi-jadian itu, si sparky yang tadi idup jadinya mati lagi. Si victor sedih banget, tapi untungnya pas nyoba ngidupin sparky lagi, dia berhasil.
Nah, hikmah cerita yang pengen nanda share disini adalah perkataan si guru sains victor yang dipecat karna terlalu pinter, pak guru yang namanya belibet itu bilang gini ‘banyak orang yang tidak menyukai sains karna pertanyaannya, mereka hanya menyukai hasil dari sains itu. Maka jika kamu bertanya, kamu adalah saintis.’ Nanda jadi inget tentang materi Metode Penelitian Keluarga semester kemaren, karna ternyata, sains yang masiv itu berasal dari pertanyaan kecil dan sederhana. Misalnya, kenapa lubang kuping itu sering kotor padahal kecil, pertanyaan itu akhirnya menelurkan penemuan cotton buds yang ngebantu kita ngebersihin kuping meski lubang kuping kita kecil. Nah satu lagi yang nanda suka kata pak guru, jangan terburu-buru ketika melakukan suatu percobaan sains, lakukanlah dari hati. Ini yang bikin nanda semangat buat mikirin penelitian dan tugas akhir nanda, karna nanda yakin, dengan kesepenuh hatian, semuanya bisa terjadi dengan sempurnya. Karna, bukan hasil yang mengajarkan kita, tapi proses untuk mengembangkan sainsnya lah yang memberikan kita pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar