Kamis, 06 Desember 2012

Saya Minum Dua

Saya Minum Dua Adakah yang tahu kalimat judul diatas slogan dari iklan apa? Yap, itu adalah salah satu slogan iklan minuman probiotik keluarga dari Jepang, namanaya….kasih tau ga yaa, pasti tau lah yaa.
Beberapa hari lalu, setelah pulang dari Jombang, nanda rada-rada ngerasa sakit perut, mungkin karna kelamaan di jalan, masuk angin, dan capek. Akhirnya, pas udah nyampe kosan nanda beli minuman Y itu dengan niat iyutnya ga atit lagi (red: perutnya ga sakit lagi). Tiba2, pas lagi didepan kulkasnya, nanda terpikir ama slogannya, saya minum dua. Sedangkan dalam satu pak minuman tersebut ada 5 botol. Apa maksudnya??. Mungkin slogan iklan dan kemasan pak itu ada hubungannya. Slogan ‘saya minum dua’ efektif banget buat ngedorong buat minum minuman itu dua kali sehari.
Disini nanda punya ilustrasi, andaikan ada orang (konsumen) yang beli minuman itu hari senin pagi, trus dia langsung minum di pagi itu juga, malam minum lagi. Hari selasa juga si konsumen minum 2. Pagi rabu konsumen minum lagi. Tapi, pas malam si konsumen ga bisa minum lagi. Jadi, dengan motivasi buat nyukupin kebutuhan probiotiknya, si konsumen kemungkinan besar bakal beli satu pak lagi biar di hari rabu ini dia bisa minum 2, kamis juga minum 2 dan jum’at juga minum 2.
Jadi, ternyata slogan ‘Saya minum dua’ dan packaging 5 botol dalam satu kemasan itu sepertinya punya tujuan untuk menciptakan pembelian ke-2 pada konsumen. Waw, ternyata begitu toh cara produsen menambah keuntungannya. Coba aja kalo dalam satu kemasan itu ada enam botol, kemungkinan besar konsumen ‘lupa’ untuk melakukan pembelian ke-2. Sehingga barang yang sampai ke konsumen cuma enam botol. Sedangkan dengan mengisi 5 botol dalam satu kemasan, barang yang sampai konsumen ada 10 botol. Yeahh, yurekaaaa !!!

4 komentar:

  1. saya minum 2, hari ini dan besoknya. :D

    BalasHapus
  2. analisis yang oke dan slogan yang oke, hmm bener juga ya.. hahaha, saya minum dua!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi makasih mbak yuvitaaa, hehe.
      Ayo minum dua, hehe

      Hapus